Sukses jadi Jurnalis Media Asing

Penghasilan yang jauh melampaui rekan kerja sesama jurnalis dan mendapat fasilitas kerja jauh lebih mewah. Itulah dua hal yang membuat kesempatan berkarir di media asing banyak di incar. Terlebih, berita – berita dari Indonesia, termasuk berita yang cukup menarik minat banyak negara. Sehingga, banyak negara asing yang memerlukan jurnalis lokal untuk menjadi pencari berita bagi mereka. 

  • Banyak peluang 

Banyak sekali media asing yang menaruh perwakilan medianya di Indonesia. Mengapa Indonesia menjadi daya tarik bagi media asing? Banyak alasannya, banyak orang asing tinggal di Indonesia, banyak perusahaan asing berinvestasi di Indonesia, sehingga masalah politik, sosial dan ekonomi maupun kasus terorisme berpengaruh pada usaha mereka. 

Pada kantor media asing ada beberapa peluang kerja, yakni menjadi fixer, stringer, asisten koresponden, koresponden dan fillerFixer adalah seseorang yang di bayar oleh jurnalis media asing untuk mengatur segala hal yang mereka inginkan untuk menunjang penulisan mereka. Sebagai fixer, Anda bertugas melaporkan berita, mencari berita terkait, mencari kontak narasumber, mengatur perjalanan menuju ke narasumber dan mewawancarai narasumber baik bersama penulisnya atau sendiri saja. Sema data hasil wawancara yang didapatnya harus diterjemahkan seorang fixer kedalam bahasa ingris untuk kepentingan penulisan. 

Sukses Jadi Jurnalis Media Asing

Stringe tugas nya hampir sama seperti orang fixer. Istilah ini sering di pakai bila seseorang membantu meliput untuk kepentingan  televisi pada berita yang sifatnya breaking news. Juga tugas nya seperti fixer ditambah harus menulis berita walaupun masih harus diedit. 

Koresponden adalah seseorang yang ditunjuk media asing untuk menulis dan membuat berita yang sudah jadi. Pada media yand memiliki kantor biro besar, tulisan koresponden masih diedit oleh fillerFiller akan memastikan panjang tulisan yang dimuat sesuai ruang yang diberikan. Begitu juga dengan gaya bahasanya. Tapi, kalau perwakilan media asing ini kecil, biasanya koresponden merangkap filler dan juga kepala biro.  

  • Gaji besar hingga fasilitas mewah 

Menjadi fixer, stringer ataupun asisten koresponden, sering kali fungsinya bukanhanya sebagai jurnalis yang melaporkan dan membuat berita. Mereka juga menjadi penerjemah, penunjuk jalan dan sekeretaris. Hal ini terjadi karena tak semua perwakilan media asing memiliki kantor sendiri. Dibanding gaji media lokal gaji mereka jauh lebih baik, sekitar 2 sampai 3 kali lipat dari wartawan lokal. 

Sukses Jadi Jurnalis Media Asing

Lalu apa yang harus anda persiapkan jika anda tertarik menjadi jurnalis media asing ?, berikut hal-hal yang harus anda ketahui  :

  • Perekrutan jurnalis untuk media asing, umumnya lewat rekomendasi mulut ke mulut. Tapi, mereka juga mengiklankan lowongan kerja di media lokal besar. Atau, cobalah magang kerja di media asing yang di inginkan. 
  • Lancar berbahasa inggris lisan dan tulisan. Lebih baik lagi jika memiliki kemampuan bahasa asing lain. 
  • Baca, baca dan baca. Setidaknya baca 3 media lokal dalam sehari untuk mendapat pemahaman tentang peristiwa yang terjadi di Indonesia, juga mencari ide berita yang menarik. Ada juga media asing terutama media yang berkaitan dengan tempat anda bekerja, agar mengetahui karakter berita yang di inginkan dari kaca mata media anda dan pembacanya. 
  • Akurasi menjadi harga mati. Ralat masih mungkin di lakukan tapi profesionalisme anda adalah taruhannya. 
  • Buka jejaring seluas – luasnya, baik dengan jurnalis lokal maupun asing. 
  • Kenali budaya negara media asing di mana anda bekerja. 

Bagikan:

Suka dengan konten kami? bantu kami untuk mengembangkan situs kami dengan support atau donasi untuk pengembangan situs sederhana kami

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Hai! Butuh Bantuan?