Tips Puasa Pertama

Tips Puasa Pertama di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan akan segera tiba. Menunaikan puasa di bulan yang penuh berkah merupakan salah satu kewajiban umat islam yang telah balig dan mampu melaksanakannya. Namun bulan puasa di tahun ini, bakal berbeda dari tahun – tahun sebelumnya. Tidak hanya di indonesia, Namun diseluruh dunia. Kita akan menjalankan Puasa di tengah Pandemic Covid  – 19.

Mempersiapkan Tubuh, pola makan dan kebiasaan selama puasa, bagi beberapa orang tidak mudah. Butuh proses dan penyesuaian. Agar tubuh siap untuk berpuasa, berikut cara yang dapat diterapkan, untuk menyambut bulam Ramadhan 1441H pada bulan April 2020.

  1. Batasi Porsi Makan
    mengurangi porsi makan agar pencernaan menjadi terbiasa saat sedang berpuasa. Jika tidak dibiasakan, maka akan sering merasakan lapar sebelum waktu nya berbuka, dan sering nya juga menyebabkan naik nya asam lambung, yang sering kita sebut kejala Maag.
  2. Kurangi Ngemil
    sering mengkonsumsi makanan ringan di luar porsi makan 3x serhari adalah hal yang biasa kita lakukan, termasuk saya. Agar terbiasa untuk makan hanya disaat buka puasa dan sahur, cobalah untuk mengurangi kegiata ngemil, karena kegiata ngemil dapat meningkatkan porsi makan yang besar. Terutama saat berbuka Puasa.
  3. Kurangi Minum Kopi
    Ritual minum kopi di pagi hari adalah suatu kebiasaan pada umum nya orang, bahkan tak sedikit minum kopi jadi rutinitas tiap jam tertentu. Namun perlu diketahui, mengurangi minum kopi di saat puasa adalah prilaku bijak. Minum kopi saat berbuka akan menyebabkan lambung produksi asam klorida dan cairan lambung di perut yang mempunyai dampak buruk bagi kesehatan.
  4. Mengatur Jam Tidur
    Karena harus sahur saat dini hari, coba untuk mengatur jam tidur agar tidak terlalu larut dan bisa sahur tepat waktu, arti nya kurangi bergadang dan MABAR di malam hari
  5. Perbanyak Minum Air
    Usahakan untuk meminum 2 gelas air, agar tubuh terbiasa terhidrasi dengan baik dan saat sahur, sebaikanya tidak terlalu banyak minum air. Namun seckupnya saja, karena jika jumlah air terlalu banyak, maka akan menyebabkan perut kembung dan malah memicu tubuh untuk menjadi lemas.
  6. Minum Multivitamin
    puasa pertama akan membuat kita jadi sangat lemas. Meski sudah sahur. untuk mengatasi hal tersebut, usahakan minum suplemen seperti multivitamin. dengan mengkonsumsi itu tubuh akan mendapatkan sedikit tenaga tambahan, selain itu juga multivitamin juga akan menjaga tubuh dari serangan penyakit.

Menyambut puasa dengan gembira akan membuat puasa kita semakin sempurna sampai lebaran tiba. Pemerintah melalui Kemenag berencana menggelar sidang Isbat untuk menetapkan tanggal 1 Ramadan 1441 H pada 23 April 2020.

Semoga kita bisa melewati masa sulit di Pandemic Covid – 19 dan semoga Ramadhan ini lancar berpuasa. Ingat tetap jaga jarak atau tetap melakukan social distancing, untuk memutus rantai pandemic covid – 19.

Bagikan:

Suka dengan konten kami? bantu kami untuk mengembangkan situs kami dengan support atau donasi untuk pengembangan situs sederhana kami

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Hai! Butuh Bantuan?