Cara Uji Heteroskedastisitas

Uji Heteroskedastisitas adalah uji yang menilai apakah ada ketidaksamaan varian dari residual untuk semua pengamatan pada model regresi linear. Uji ini merupakan salah satu dari uji asumsi klasik yang harus dilakukan pada regresi linear. Apabila asumsi heteroskedastisitas tidak terpenuhi, maka model regresi dinyatakan tidak valid sebagai alat peramalan.

Uji Heteroskedastisitas

Adalah kebalikan dari homoskedastisitas, yaitu keadaan dimana terjadinya ketidaksamaan varian dari error untuk semua pengamatan setiap variabel bebas pada model regresi. Sebaliknya, pengertian homoskedastisitas adalah keadaan dimana adanya kesamaan varian dari error untuk semua pengamatan setiap variabel bebas pada model regresi.

Mengapa dilakukan deteksi heteroskedastitas? untuk mengetahui adanya penyimpangan dari syarat-syarat asumsi klasik pada regresi linear, di mana dalam model regresi harus dipenuhi syarat tidak adanya heteroskedastisitas.

Jenis analisis uji heteroskedastisitas dengan SPSS

Ada beberapa metode untuk deteksi heteroskedastisitas, antara lain:

Apakah ke empat uji di atas dapat dilakukan dengan SPSS? Jawabannya adalah “Ya.” Bagaimanakah Cara Deteksi Heteroskedastisitas dengan SPSS? klik link di atas😁

Cara Mengatasi Heteroskedastisitas

WeCreativez WhatsApp Support
Butuh bantuan untuk menyusun tabulasi atau olah data, kami siap membantu😁
👋 halo?